Rabu, 27 Juni 2012

Project Two-Wheeler Dimulai!

(Posting ini adalah terjemahan dari posting berbahasa Inggris yang dipublikasikan pada tanggal 21 April 2012 di blog gw yang lain, charmant4age.blogspot.com)

Belakangan ini gw lagi nyari bengkel modif yang bisa gw percaya untuk ngebangun motor gw. Honda GL200 gw, yang biasa disebut "Tiger" di sini, udah nemenin gw sejak 2005. Banyak kenangan indah gw dapetin bareng motor ini dan sayang rasanya kalo gw akhirnya dijual. Lagian, lebih adil rasanya kalo gw kasih motor ini perhatian yang sama dengan The Dog kan?

Baru-baru ini gw ngeliat Honda CB125 yang ganteng abis waktu belanja di mini-mart. Gw kenalan ama yang punya dan ternyata dia bangun motornya sendiri di bengkelnya. Ngeliat detil dan kualitas pengerjaannya, kayaknya pencarian gw udah berakhir. Berikut adalah beberapa contoh hasil kerjaan bengkel itu.



Target gw adalah menjaga proyek sampingan ini sesimpel mungkin dengan bajet yang masuk akal. "Masuk Akal" kayaknya kurang tegas ya? Sesuatu yang masuk akal bisa aja jadi absurd beberapa bulan lagi dari sekarang, kayak yang gw alami waktu ngebangun The Dog. Begitu juga sebaliknya, sesuatu yang menurut gw sekarang kemahalan, bisa aja jadi murah minggu depan. Semua tergantung mood dan dompet gw. Makanya gw bilang "masuk akal" itu kurang tegas. Gimanapun, proyek ini targetnya selesai dalam 1-2 bulan dan hasilnya harus nyaman dikendarai harian. Hal ini berarti ngutak-ngatik mesin udah di luar batas proyek ini.


Gambar di atas adalah preview barang-barang yang bakal nempel di motor gw. Mulai dari kiri atas, ada velg alumunium Champ ukuran 17 x 3.50. Kemudian ada swing-arm bulat Suzuki Thunder 125, sok belakang Yamaha RX-King dan knalpot Honda GL Pro Neo Tech. Masih ada lagi tapi ga keliatan di gambar: ban Mizzle 120-80 R17 M800. Belanja barang-barang ini bikin gw mikir kalo part-part motor itu murah banget! Yah setidaknya kalo dibandingin dengan duit yang gw keluarin kalo gw beli barang Charmant gw sih..


Gw cukup beruntung karena bengkel modifnya punya tangki Honda CB100 di atas. Ukurannya pas untuk aliran yang bakal gw ikutin. Tutup bensinnya yang rada miring old skool banget ya? Ngeliat barang-barang di atas, pasti sebagian dari elo udah bisa nebak gw bakal ngambil aliran apa. Buat yang gagal nebak, nih gw kasih bocoran..




Keren ga? Itu "Inari", CB100 hasil modifan Deus ex Machina di Bali yang terkenal. Gw ga bakalan ngikutin persis kayak gitu tapi ga bakal beda jauh juga.

1 komentar: