Minggu, 01 Juli 2012

Tangki Bensin Sekunder

Berhubung rangka Tiger gw masih belum deltabox kayak Vixion, fuel pump (FP) alias pompa bensinnya ga mungkin ditanam di tangki Gelatik-nya karena selain kekecilan, bakal mentok juga ke rangka tengahnya. Jadinya gw harus bikin tangki bensin sekunder untuk sebagai rumah fuel pumpnya. Jadi nanti bensin dari tangki utama Gelatik dialirin dulu ke tangki sekunder. Baru setelah itu disedot FP dan disuplai ke injektor.
Untuk tabung tangki sekundernya, gw pakai bekas boring silinder mesin truk. Kebetulan bengkel bubut tempat gw bikin tangkinya punya banyak boring bekas. Ada yang bilang sih sebaiknya jangan pakai boring karena bahannya dari besi ancuran yang tidak terlalu kuat nahan getaran dan rentan retak. Yah udah telanjur bikin, mau gimana lagi. Maklum deh bukan insinyur metalurgi. Gw lebih akrab sama elektron.. Hehe. Lagian lumayan susah juga nyari pipa besi yang diameternya pas. Sori gw ga cerita banyak proses pembuatannya tapi cukup simpel kok. Yang perlu diperhatiin cuma baut-baut braket FPnya. Jangan sampai bensin bisa merembes dari baut-baut ini.
 
Jangan lupa buat jalur masuk bensin dari tangki asli (ya iyalah..). Tambahin juga baut untuk menguras bensin supaya kalo sewaktu-waktu lagi sial trus bensinnya kecampur air, gampang ngebuangnya. Betewe, jalur masuk bensinnya masih salah posisi nih. Nanti bakal gw pindahin karena sekarang masih kejauhan dari keran tangki bensin utama.

 
Tangki sekunder ini bakal gw tempatin di bawah jok, tepatnya di bawah tempat aki. Ini sekedar gambaran posisi akhirnya nanti. Masih belum ada braket pemegangnya..
 
Dari depan..

Dari belakang.. Keren juga ya kalo dilihat dari belakang?
 

Awas ada beruang sirkus lepas.. Itu foto gw pas nyobain naik ke rangkanya. Gile rasanya motor gw jadi menciut..


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar