Kamis, 08 November 2012

Turbo Part 1: Jalur Knalpot & Intake

Akhirnya nemu juga tukang knalpot yang mumpuni di Bandar Lampung.. Butuh waktu seharian dari pagi sampe sore buat bikin jalur knalpot dan intake ini yang kerennya disebut exhaust manifold dan charge pipe. Penempatan turbonya sesuai dengan rencana awal gw.

Sebelum ke tukang knalpot ini, gw udah bikin dulu flange (alias "plenes" kalo menurut lidah orang lokal) untuk jalur exhaust turbonya di tukang bubut. Sori ga ada foto flange-nya tersendiri tapi kalo udah liat turbonya pasti paham deh maksud gw. Sebenernya flange ini bisa dibikin juga di tukang knalpotnya kalo alat dan bahannya lengkap. Yang jelas minimal pake pelat 6mm deh biar mantep.

Ga banyak yang bisa diceritain tentang prosesnya.. Pertama bikin dulu jalur exhaust dari blok ke turbo. Usahain sependek mungkin dan jangan banyak tekukan biar kecepatan gas buangnya semaksimal mungkin sebelum sampai ke turbo. Tujuannya supaya meminimalisir turbo lag.


Setelah itu jalurnya dilas ke flange pertama. Nah, kalo udah sampai sini, mulai dipikirin deh buat bikin braket penyangga alias penguat supaya pipanya ga gampang patah gara-gara menopang berat turbo..





Setelah yakin turbonya duduk dengan manis dan mantap, lanjut ke jalur buang dari turbonya. Untuk jalur buang ini, sama aja prinsipnya: jangan banyak tekukan. Usahain diameternya semaksimal mungkin supaya gasnya lancar. Buat yang pakai peredam, pertimbangin untuk dibuang atau diganti peredam yang free flow supaya makin lancar. Tanpa peredam juga ga masalah kok.. Turbonya bakal meredam suara knalpotnya jadi ga terlalu bising.

Terakhir, bikin jalur intake alias charge pipe dari turbo ke throttle body. Lebih bagus lagi kalo bisa pasang intercooler di jalur ini tapi berhubung lagi "irit", gw ga pake intercooler. Mudah-mudahan ga ngelitik deh. Yang jelas, gw harus pastiin bahwa udara yang masuk ke turbo diusahakan sedingin mungkin (alias filter udaranya jauh dari sumber panas kayak blok mesin atau knalpot).

Untuk sekarang ini, jalur intakenya belum gw sambung ke throttle body karena emang gw perlu modif ECU-nya lagi supaya bisa baca tekanan udara dari turbo. Selesai tahap ini jangan kegatolan ngegeber mesinnya dulu. Kenapa? Karena turbonya belum ada jalur oli cuy.. Kita harus minimalisir putaran kipas turbonya supaya jangan sampai bearing-nya aus duluan sebelum kita bikin jalur oli. Jangan lupa wastegatenya dicabut dulu aja supaya gas buangnya langsung kebuang tanpa muterin turbinnya.

8 komentar:

  1. eydann, persiapan TURBO :D naik ke dynojet

    BalasHapus
  2. GAN ANE MAU SHARING TENTANG TURBO INI ADA CONTAK YG BISA DIHUBUNGIN GA? DOMISILI MASI DILAMPUNG APA DAH PINDAH ? ANE DI LAMPUNG JUGA GAN. RENCANA MAU CARI TURBO YG LEBIH KECIL LAGI DIAMETERNYA GAN. BUAT DI MX BORE 150 ANE .

    BalasHapus
  3. Gan,klo motor karbu bisakah pake turbo?

    BalasHapus
  4. Salam dari orang metro...

    kunjungi forum kita di http://hondabrio.org/ dan izin share di http://motorexpertz.com/forum/

    BalasHapus
  5. hebat bang...
    kira2 yg digunakan TURBO apa? trus bisa di peroleh dmn?

    trims..
    =Mada CB iblis bejat Kediri- Jawa Timur

    BalasHapus
  6. Mas brow, pasang jalur olinya bagaimana, biar gak aus as turbinnya? Jika di ambil dari pum oli mesin yang samping dekat dengan kampas kopling bagaimana?
    Pum oli di bor kasih selang lalu ke turbo in, dan outnya langsung ke head yang di atas busi. Itu gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posting berikutnya kan ngebahas jalur oli http://hondatigerefi.blogspot.co.id/2012/11/turbo-part-2-jalur-oli.html

      Hapus
    2. Ok bro, soalnya belum lihat yang satunya, oiya bro, gambarnya tidak kelihatan?
      Lampungnya mana bro?

      Hapus