Kamis, 20 September 2012

Celana Pendek Merah

Di posting sebelumnya gw udah jelasin bahwa gw sempet bikin mesin gw jadi full standalone dengan bermodalkan pangkas tonjolan pulser dan nyisain bagian belakangnya aja sepanjang 5 derajat. Cara ini meskipun bisa dipake jalan tapi belum sempurna karena gasnya harus ditahan di atas 2000 RPM. Kalo dilepas, langsamnya liar dan mesinnya langsung mati.

Apa penyebabnya? Setelah gw browsing dan analisa, penyebabnya adalah karena mesin gw cuma satu silinder. Lho apa hubungannya? Kecepatan rotasi piston mesin satu silinder, terutama di putaran bawah, tidak konstan. Piston berakselerasi pada saat langkah tenaga, kemudian melambat hingga gerakan paling lambat ada di langkah kompresi karena harus melawan tekanan campuran bensin dan udara dan setelah campurannya terbakar busi, piston kembali berakselerasi dan begitu seterusnya. Putaran kruk as
juga ikut-ikutan tidak konstan. Akibatnya, prediksi waktu tunda ECU juga kacau.. dan akhirnya timing pengapiannya juga berantakan kayak isi popok bayi. Kenapa cuma di putaran bawah? Di putaran atas, bobot magnet sudah cukup untuk menjaga inersia putaran kruk as sehingga kecepatan putarannya juga lebih konstan dan prediksi waktu tunda ECU juga lebih tepat.


Jadi apa obatnya?


Pertama, tambahin pistonnya tiga biji. Wkwkwk.. pada mesin empat silinder, kecepatan gerak pistonnya relatif lebih konstan karena piston-pistonnya akan saling mengimbangi. Akselerasi langkah tenaga pada satu piston akan diimbangi dengan deselerasi langkah kompresi piston satunya. Ngubah mesin Tiger gw jadi 4 silinder? Wew..


Kedua, tambahin bobot magnetnya. Magnet yang lebih berat akan memiliki inersia yang lebih besar juga. Di putaran bawah, magnet yang berat akan meredam akselerasi piston sehingga putarannya akan lebih konstan. Resikonya, tarikan mesin akan sedikit lemot karena harus melawan bobot magnet yang berlebih. Lagipula, dengan cuma satu silinder, gw ga kebayang berapa banyak bobot yang harus ditambahin ke magnet gw.


Ketiga, tambahin jumlah tonjolan magnetnya. Yamaha pasti punya alasan kenapa magnet Vixion atau Jupiter Z1 punya tonjolan yang banyak. Apa alasannya? Karena dengan tonjolan yang banyak, ECU akan lebih presisi dalam membaca derajat rotasi kruk as dan prediksi timing pengapiannya akan lebih tepat. Misalnya di Vixion ada 11 tonjolan + 1 gap yang berselisih 30 derajat, artinya ECU Vixion bisa membedakan antara piston pada titik TMA atau pada titik 30 derajat setelah TMA. Lebih presisi lagi magnet Jupiter Z1 yang jumlahnya 17 tonjolan + 1 gap yang artinya tiap tonjolan selisihnya 360/18 = 20 derajat. Nih gambar magnet Vixion..




Udah ketebak kan gw pilih cara yang mana?

Pertama, magnet dicopot, dibawa ke tukang bubut dan ditambah daging dengan las listrik.


Kedua, daging tambahannya dibubut hingga lebar dan tingginya sama dengan tonjolan asli Tiger.


Ketiga, dibuat gigi tonjolan sebanyak 36 biji dengan mesin pembagi. Jadi deh..


Jadi sekarang magnet gw punya 36 tonjolan yang berarti tingkat presisinya melebihi Jupiter Z1 yaitu 360/36 = 10 derajat. Sebenernya gw cuma butuh 35 tonjolan karena nanti satu tonjolan bakal digerinda lagi sebagai titik acuan reset ECU.

Wuiiih.. jadi udah sukses dong bikin injeksi full standalone? Wkwkwkw..untuk kali ini, gw malu ama kaum celana pendek merah alias anak SD. Anak SD aja tahu magnet bakal hilang daya tariknya kalau kena panas. Sejak langkah pertama, gw udah salah.. Masa magnetnya ditambah daging pake las listrik? Ya langsung berubah jadi ganjelan pintu alias ga berguna. Sempet sih gw tanya-tanya bisa ga magnetnya dituker sama magnet gw yang asli. Sayang sekali belum ada yang berani di Lampung sini.. biji magnet di dalamnya itu sebenernya rapuh. Kena getok dikit langsung pecah, jadi belum ada yang bisa.. Makanya pelajaran SD jangan dilawan..


Sebenernya masih bisa sih gw pasang magnet 36 tonjolan gw tapi resikonya harus siap-siap mogok di tengah jalan gara-gara aki tekor.. Jadi, untuk sekarang ini gw terpaksa balik dulu ke sistem fuel-only dengan magnet dan CDI asli sambil berburu magnet Tiger lagi. Lain kali, gw pake aja 36 gigi yang ada di magnet lama gw dan gw pres ke magnet satunya dengan dioverbos.


4 komentar:

  1. ngakak guling2, salam pertamax7, tigernya keren :D

    BalasHapus
  2. Hahaha thanks ya bro.. ini blog lo juga ya? --> http://pertamax7.wordpress.com/2012/11/16/honda-tiger-dipasangi-sistem-injeksi-yamaha-vixion-edyan-modifikator-indonesia-hebat-pakai-turbo-pula-gila/

    Haha sejak ditulis di situ, visitor blog gw lgsg tumpah-tumpah kayak bensin di tangki gelatik gw. Thanks deh, salam kenal!

    BalasHapus
  3. Mantep nih artikelnya bro...
    Ane mau tanya bro, klo dalam sistem injeksi, posisi TMA berada di tonjolan/reluctor ke berapa dari gap klo disejajarin ama pulser/pickup? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap motor beda dong om.. Tergantung desain pabriknya. Ga bisa dipukul rata. Untungnya, biasanya TMA udah ada tandanya di magnet.. Ga repot ngitung pake busur derajat.

      Hapus