Minggu, 09 September 2012

Busi Resistor

Cuma mau sharing hal yang baru gw pelajarin hari ini.. Sejak Tiger gw jadi injeksi, gw kesulitan nge-tune Megasquirtnya dalam keadaan mesin hidup. Maksud gw, kalau mesinnya mati, gw ga ada masalah untuk konek ke MS dengan laptop.. tapi begitu mesin dihidupin, ga berapa lama kemudian MS-nya langsung disconnect. Sempet beberapa hari pusing gara-gara masalah ini. Gimana mau nge-tune fuel map-nya kalau konek aja ga bisa?
Gw udah coba mindahin jalur wiring sensornya menjauh dari jalur pengapian, nambahin grounding, beli kabel USB yang lebih bagus tapi semuanya ga ngefek. Akhirnya setelah browsing lama-lama, gw baca tentang busi ber-resistor. Busi ini bisa dibilang wajib untuk sistem injeksi elektronik. Resistor yang ada di busi ini meredam interferensi elektromagnetik yang ditimbulkan koil pengapian. Interferensi ini bisa menimbulkan noise di sistem elektronik dan audio dan salah satu akibatnya ya seperti masalah yang gw hadapin. Honda Tiger yang aslinya berkarburator jelas tidak pakai busi macam ini, kayak Tiger gw yang pakai NGK D8EA. Akhirnya gw muter-muter nyariin busi resistor untuk Tiger gw. Biasanya sih busi resistor ditandai dengan huruf R di kodenya.
Pertama gw coba cek busi Vixion.. ternyata ukurannya lebih kecil. Terus gw coba cari busi CBR250 tapi ga nemu.. itupun ga jaminan ukurannya sama dengan busi Tiger. Akhirnya setelah pusing muter-muter toko sparepart motor, gw iseng mampir toko sparepart mobil. Gw bilang aja nyari busi yang ukuran dratnya segini (sambi nunjukkin busi Tiger gw) tapi dipake di mobil injeksi. Untung penjualnya mau bantuin.. Setelah ngubek-ngubek 5 menit, akhirnya ketemu.. DENSO XU22PR9. Tau ga bawaan mobil apa? Ternyata punya mobil sejuta umat Avanza-Xenia. Bayar pake duit 20 ribu dan langsung gw bawa pulang..
 

Kekurangan pake busi Avanza ini adalah terminalnya yang tidak bisa dicopot jadi ga muat ke kop kabel busi Tiger. Biasanya terminal ini ada yang bisa dicopot dari ulirnya tapi busi ini bukan tipe seperti itu. Terminalnya menyatu dengan elektrodanya. Akhirnya supaya rapi, gw main ke kampakan mobil dan nyari kabel busi mobil bekas. Gw ambil kop businya dan gw pasang ke kabel koil Tiger gw. Cabut busi Tiger gw dari kop silinder pakai kunci ring 18, masukin busi Avanza pake kunci ring 16, coba starter.. BRUM! Langsung hidup! Pertanda bagus.. gw coba konekin laptop gw ke Megasquirt dengan kondisi mesin langsam dan gw biarin.. 1 menit berlalu, masih belum disconnect.. 2 menit.. 3 menit.. masih OK.. terus gw coba geber gasnya (maksudnya memperbesar arus sepul pengapian ke CDI) dan masih juga belum disconnect. Problem solved!

3 komentar:

  1. pengalaman adalah guru yg paling menyakitkan dan paling berharga

    BalasHapus
  2. Bos artikelnya bagus. Detai, padat berisi. Salam kenal

    BalasHapus
  3. Bro,mohon pencerahannya..kl pasang fuel system variasi di tiger pemasangan kabelnya gmn ya?ane udah coba malah kebalik tuh bensin full tp di indikator malah abis..ane coba" lg malah ga bisa..buat info kabel di fuel meter variasi nya ada 4,warna hitam,hijau,kuning,coklat..thanks bro

    BalasHapus