Kamis, 13 September 2012

Belalang Tempur

Motor gw makin jadi kayak belalang tempur aja.. Yang nunggangin bukan RX Bio atau RX Robo, tapi RX2.. Speedometer Koso RX2 lebih tepatnya.

Gw akuin itu barang emang ga murah.. meskipun gw beli bekas, tetep aja harganya di atas sejuta. Trus ngapain dibeli? Gw udah eneg sama gir spidometer gw yang oblak. Udah berkali-kali dibenerin, eh lepas lagi. Gw jadi ga ada patokan odometer buat ganti oli.. Nah si RX2 ini pake sistem non-mekanis yang ga rentan rusak yaitu magnet. Gw yakin sistem begini lebih awet daripada sistem kabel aslinya. Udah cuma gitu doang alasannya? Hehe sebenernya gw sih jatuh hati sama fitur Power Test sama monitoring suhunya.. jadi alasannya paling benernya sih gw beli karena fitur.. Power Test bisa ngebantu kita ngecek performa mesin. Kita bisa ngeliat berapa lama waktu 0-100 kpj.. atau berapa detik motor kita bisa nge-drag 1/4 mil. Jadi bisa dibilang kayak punya mesin dyno mini. Sedangkan monitoring suhu bisa ngebantu gw mencegah mesin rusak karena overheat. Ini penting apalagi gw berencana untuk naik turbo..
 
Pemasangannya gw kerjain semua sendiri. Sempet dibuat pusing karena manual book-nya entah kemana dihilangin pemilik sebelumnya. Masa gw mesti nebak-nebak kabel yang segitu banyaknya? Salah-salah malah nanti cuma jadi ganjelan pintu gara-gara kebakar.. Untung softcopy manualnya masih bisa didonlot di websitenya Koso..
Ga sampe sejam, tampilan motor gw jadi begini..

Setengah jam kemudian, jadi begini..

Kok lama amat nyambungin kabel doang aja setengah jam? Sengaja, alon-alon asal ga blunder. Gw cek dan ricek semua sambungan sebelum gw hidupin kontaknya. Yang jelas, saat ini gw belum sambungin sensor suhunya. Koso RX2 ini dapet dua sensor suhu: suhu oli dan suhu air radiator alias coolant. Berhubung Tiger gw keren banget dan ga pake radiator, gw akan pake sensor coolant-nya untuk monitor suhu udara yang dihisap mesin aja. Buat apa? Iseng aja.. Daripada ga dipake, hayo? Untuk suhu oli, sensornya akan gw tanam di tutup tanda magnet. Seharusnya sih di lubang itu, sensornya kena cipratan oli ya?
Sempet pusing juga nyari tempat buat masang speed sensornya.. Untung nemu posisi yang pas..

Baut piringan cakram gw ada enam tapi gw cuma tempelin tiga magnet. Lho kenapa? Karena gw cuma dapet lima magnet dari sellernya. Aslinya sih harusnya ada enam. Gw rasa magnetnya ilang bareng dus dan manual aslinya.
Buat yang mau pasang Koso RX2 ke Honda Tiger, ini gw bantu kasih panduan warna kabelnya.

Saran gw, coba dulu sambungin nomer 1, 2 dan 3 dulu trus coba hidupin kontaknya. Kalau sukses nyala tanpa ada kepulan asap, elo udah relatif aman untuk ngelanjutin wiring-nya. Kalo berasap, jangan minta ganti rugi ama gw ya..
Udah selesai wiringnya? Ini beberapa catatan dari gw untuk settingan di RX2-nya.
 
1. Cycle/Piston Setting
Set ke 2C, 1P dan High Act.. Kok bukan 4C alias 4 tak? Karena koil Tiger memantik busi di setiap putaran mesin. Jadi selain langkah kompresi, busi juga akan memantik di langkah buang. Sistem ini kerennya disebut wasted spark dan menyebabkan seolah-oleh sistem pengapian Tiger berfungsi sebagai pengapian mesin 2 tak. Bingung? Percaya aja deh ama gw.. Wkwkwk. Kalo masih mau maksain diset ke 4C, bacaan RPM elo akan jadi dua kali lipat dari aslinya. Keren sih ada Tiger bisa digeber sampe 15000 RPM.. padahal cuma 7500 tuh.
 
2. Tire Circumference and Sensor Point Setting
Set ke 1821 dan 3P.. tapi jangan ngikutin gw kalo elo ga pake tiga magnet dan ban depan elo bukan 110/70-17. Rem cakram Tiger bisa pake 1, 2, 3 atau 6 magnet. Semakin banyak magnetnya, semakin sering angka speedometernya berubah alias makin presisi. Saran gw sih pake maksimal 3 biji aja. Kenapa? Kalo pake 6 dan hilang satu, elo harus susah payah nyabut 2 biji magnet dari baut cakramnya supaya jumlahnya 3. Semoga sukses deh.. magnetnya kuat banget nempelnya jadi bakal repot banget nyabutnya. Jangan lupa jarak antara magnet dan sensornya maksimal 5-10mm dan huruf N di magnetnya harus mengarah keluar.
 
3. Fuel Gauge Setting
Gw sebenernya ga nyambungin kabel meteran bensinnya. Kenapa? Karena gw pake tangki CB yang ga ada pelampung bensinnya.. Jadi gw cuma bisa nebak aja kalo Tiger perlu diset ke 100, bukan 510. Resistansi gulungan pelampung bensin Honda biasanya 100 ohm sedangkan Yamaha 510 ohm. Gimana kalo Suzuki, Kawasaki, Sanex, Minerva, Changhong atau Samsung atau apalah merk mocin itu? Saran gw, coba-coba aja. Ga bakal rusak kok kalo salah setting.
 
Akhir kata, beginilah tampang Tiger street tracker gw sekarang..
 
 
Rada aneh sih ada jarak di antara lampu dan spidometernya. Ntar deh gw pikirin gimana supaya lebih bagus tampilannya.

9 komentar:

  1. boss! kl mau pasang sensor oli yg bukan koso gmn? yg model lawas pake jarum gt. kan ada sensornya kyk baut. itu dimasukin mana? "tutup tanda magnet" yg bisa liat top nya piston? dratnya sama atau mesti di ubah.
    sesama keluarga GL dan motor japs gan, saling bantu :D

    BalasHapus
  2. sensornya utk ngukur tekanan atau temperatur? klo cuma ngukur temperatur, bisa di tutup tanda magnet.. atau lebih bagus lagi di baut buangan oli karena sensornya jadi kerendam oli.. dibikin drat di baut buangan oli-nya yang sesuai dgn sensor. hati2 aja, bautnya rada tipis. coba liat postingan gw yg ini: http://hondatigerefi.blogspot.com/2012/07/intake-manifold-dan-coolant-temp-sensor.html prinsipnya sama..

    kalo untuk ngukur tekanan, mesti nembusin jalur oli yang di tutup karter sebelah kanan (tutup kopling).. prinsipnya sama kayak bikin jalur oil cooler. intinya harus nembusin jalur oli yang ada tekanannya.

    gmn bro? mudah2an ngebantu..

    BalasHapus
  3. bro tu make tangki CB 100?
    oia tu frame nya ada yang do potong gak,,,
    tiger ane pengen nih di kaya gituin,,,, eehehhe

    BalasHapus
  4. Iya tangki CB100 yang Gelatik bro.. Yang tutupnya rada miring.. Cocok banget buat motor yang cuma bisa nikung ke kiri. Kalo nikung kanan, bensinnya tumpah..

    Frame belakang dirombak abis tuh..

    BalasHapus
  5. ohh frame nya di rombak ya,,,,kalo di rombak tuh suka di ribetin pas perpanjang pajak,,,apa lg pas cek no. msin ama no rangka,,,,
    tmn ane pngalaman soalnya,,,,,,
    jadi bingung,,,,dimodif ato nggak ehehe

    BalasHapus
  6. Mas bisa minta ketrangan wiring diagram pin soketnya? Soalnya sy punya spidonya tpi gk punya soketnya ������������

    BalasHapus