Rabu, 03 Juli 2013

Pemilihan Injektor Racing: Flow Rate vs Kapasitas Mesin

Lama banget ya ga gw update blog ini.. Kebetulan malam ini lagi agak nganggur jadi gw mo sempetin update deh. Masih tentang injektor karena banyak email maupun komentar yang masuk ke gw menanyakan tentang pemilihan injektor.

Contohnya begini:
mau tnya gan , saya beli injektor aftermarket merk SRP dengan flow rate 155cc/min , yang rencananya akan di aplikasikan ke motor matic injeksi saya yang sudah di bore up , nah saya mau tanya keterangan 155cc/min itu bisa untuk motor berapa cc ? vario saya yg tdnya 125 cc , bore up 152cc apakah bisa menggunakan injektor dengan spek itu ? (155cc/min)

Pertanyaannya mungkin kelihatan simpel: kalo mesin gw cc-nya sekian cc, gw perlu pake injektor yang berapa cc/min? Permasalahannya, jawabannya tidak sesimpel itu. Belum tentu naik cc perlu ganti injektor.. Sebaliknya, belum tentu mesin korekan tapi cc-nya standar, masih bisa pake injektor standar.

Intinya, guys, pemilihan injektor bukan ditentukan dari berapa cc mesin kalian.. tapi berapa dk atau hp target tenaga mesinnya. Biar ga kebanyakan teori, langsung aja klik link ini. Linknya akan ngasih sebuah injector calculator yang akan ngebantu ngejawab pertanyaan di atas. Ini contoh capturenya..

# of Cylinders diisi dengan 1 karena sudah jelas Vario 125 cuma punya 1 silinder. Fuel Pressure (psi) diisi dengan 43 karena itu tekanan bensin dari pompa injeksinya Vario. Angka ini ga usah diganti-ganti selama elo masih pake pompa bensin assy standar. Engine Aspiration isi dengan Naturally Aspirated kecuali mesinnya mau dipasang turbo. Duty Cycle pake aja 80%. Kenapa 80%? Biar masih ada toleransi aman supaya kerja injector ngga terlalu berat. Kalo masih penasaran tentang Duty Cycle, baca lagi postingan gw sebelumnya. Terakhir, kita tinggal isi berapa target tenaga mesin yang kita mau dalam dk/hp. Contoh di atas gw isi dengan 15 hp. Setelah itu klik Calculate dan ketahuan berapa ukuran injector minimum yang kita perlukan yaitu 99 cc/min.

Gimana dengan injector SRP 155cc/min yang dibeli oleh si pe-nanya di atas? Utak-atik aja angka Horsepowernya.. sampai dapet angka mendekati 155cc/min. Dari gambar di atas, kita bisa tahu bahwa injector SRP yang 155 cc/min masih cukup untuk ngeladenin mesin yang outputnya maksimal 23.5 hp.

Nahh.. kembali lagi ke pertanyaan di atas, kalo mesin Vario di atas dibore-up ke 152cc, berapa kira-kira sekarang output power mesinnya? Ngejawabnya susah karena semua tergantung ubahannya.. 152cc yang cuma bore-up doang pasti beda output tenaganya dibanding 152cc yang sekaligus (misalnya) ganti noken as, pasang klep lebar, naik kompresi dan lain-lain. Udah ngerti belum bro?

Mesin standar Vario 125cc klo ga salah tenaganya skitar 11.2 hp. Kalo cuma sekedar bore-up tanpa ada korekan lain, gw rasa paling mentok bisa dapet 15 hp. Artinya, SRP yang 155 cc/min masih cukup. Jadi, kalo pertanyaannya begini: vario saya yg tdnya 125 cc , bore up 152cc apakah bisa menggunakan injektor dengan spek itu ? (155cc/min) Jawabannya BISA asal output mesinnya ga ngelebihin 23.5 hp.

TAPIIII.. jangan salahin gw kalo pas dipasang tiba-tiba mesinnya kebanyakan bensin alias blebek. Kok bisa blebek? Ya iya lah.. ngebore-up mesin injeksi itu sebenernya ga gampang. Bukan cuma sekedar ganti injector aja kalo kita mau hasilnya sempurna. Lebih penting lagi yang namanya piggyback atau ECU standalone. Kalo kita ganti injector begitu aja tanpa remapping pakai piggyback, resikonya bisa kebanyakan bensin karena ECU standar udah diprogram untuk pakai injector standar dengan mesin standar juga, bukan pakai injector racing dengan mesin bore up.

5 komentar:

  1. Trima kasih sekali ya , postingan ini sangat menjawab pertanyaan saya hahaha , tidak hanya menjawab pertanyaan , namun isi , materi nya lebih meluas sehingga saya lebih mendapat banyak pengetahuan, tapi , ada sdikit pertanyaan lagi yang terpikirkan oleh saya , terima kasih banyak ya sebelumnya , salam sukses selalu bro .. , pertanyaan sudah saya email .. he he ,

    BalasHapus
  2. Dear Mas Bro,

    Sekedar melepas keperawanan... Eh... kepenasaran ding... :-D. Kira kira kalo injektor bensin kita kasih cairan LPG bakal kompatible ngga ya? bila bisa apakah nantinya berpengaruh ke hitungan flowrate-nya (pada tekanan yang sama)??

    BalasHapus
  3. Bisa aja sih harusnya. Cuma masalahnya stoichiometric (rasio ideal campuran bahan bakar vs udara) utk LPG berbeda dengan bensin. Kalo bensin 14.7:1 sedangkan LPG 15.6:1. Jadi perlu dituning ulang. Kalo maksain, campurannya bakal kelewat kaya (terlalu banyak bbm dibandingin udara).

    BalasHapus
  4. Oke bang, artinya setelah disuntik LPG perlu program ulang di ECU-nya aja pake diagnostic tool supaya lebih kering ya bang...? atau kemungknan lain tekanannya dikurangi dari default tekanan Bensin? Thanks buat infonya, pasti ntar jadi sering nanya2 nih... :-)

    BalasHapus
  5. Mau tanya bang..enak gak kalau motor saya di ganti dengan injektor 180cc..tapi motor saya masih standar 150cc..dan udah ganti ecu ke yang racing

    BalasHapus