Di salah satu posting gw tentang injector ini, ada komentar dari brader Vhanz yang menanyakan beberapa poin. Pertanyaannya gw posting di sini aja soalnya jawabannya rada panjang.. Sekalian memenuhi request beberapa Kelompencapir Kejar Paket A yang minta gw update blog ini setelah sekian lama dicuekin ama yang punya.
Pertanyaannya:
seperti ulasan si bro yg =
"Duty Cycle Aktual = flow rate terukur / flow rate aktual.
Kita tahu flow rate terukur adalah 35cc/min dan flow rate aktual menurut tabloid adalah 125 cc/min. Jadi Duty Cycle yang diset di alat si penjual adalah 35/125 = 0.28 atau 28 persen.
Akhirnya gw bisa menebak angka flow rate injector Maxtreme yang gw beli. Menurut seller angkanya adalah 98cc/min. Dengan demikian, angka flow rate aktualnya adalah 98 x (100/28) = 350cc/min."
Mohon Dibantu & diulas =
1. Saya pernah ukur injector merk SRP di mesin injector tester spt gbr di atas dengan Fuel Pressure (Tekanan) di set di 2.2kgf/cm2 (sekitar 216kpa/2.15bar)+ 60 sec (Fuelpump ori vixion aslinya bertekanan 250kpa/2.5bar/36.2575psi) & hasilnya =
a. SRP 4 holes Brown yg 140cc/min = 40cc/min
b. SRP 10 holes Red yg 155cc/min = 54cc/min
c. Injector ori vixion 6 holes Purple = 35cc/min
2. Catatan untuk mesin injector testernya =
- Untuk dutycycle di mesin injector tester tsb tidak di utak-atik alias tidak ada option tombol nya alias fixed and paten (saya sendiri juga ga tau brp persen dutycycle nya di set sama pabrik ini mesin).
- Pressure/Tekanan di set di 2.2kgf/cm2 (sekitar 216kpa/2.15bar).
- Durasi di set di 60 seconds (1 menit).
- Pulse di set di 5.8.
3. Kalau di lihat rumusan si bro ttg dutycycle aktual & flowrate aktual maka hitungannya otomatis spt =
a. 40/125 = 0.32 atau 32% ==> 40 x (100/32) = 125cc/min
b. 54/125 = 0.43 atau 43% ==> 54 x (100/43) = 125.58cc/min
c. 35/125 = 0.28 atau 28% ==> 35 x (100/28) = 125cc/min
Itu kenapa ya bisa berbeda persenan dutycycle & flowrate aktual nya kalau merujuk pada flowrate aktual di salah satu majalah yg mengatakan 125cc/min utk injector std vixion (kita juga ga tau brp persen dutycycle nya di set untuk injektor std vixion yg di katakan 125cc/min di majalah tsb), padahal semua injector di test berdasarkan point nomor 2 diatas?
Thanks banget bro ulasannya.. asli WOKEEEH TENAN... ijin SHARE BLOG nya ya ;)
Pertama-tama gw mau komen masalah ini:
- Untuk dutycycle di mesin injector tester tsb tidak di utak-atik alias tidak ada option tombol nya alias fixed and paten (saya sendiri juga ga tau brp persen dutycycle nya di set sama pabrik ini mesin).
Ini udah gw curigain juga sejak gw baca bahwa sellernya tidak ngasih info duty cycle ketika menginfokan flow rate injector racing yang dia jual. Kalau setelannya ada (dan keliatan di panel testernya), secara logika pasti udah diutak-atik sama seller-nya dan bakal ketahuan pengaruh duty cycle terhadap flow rate yang terukur. Walhasil, pasti seller-nya bakal ngasitau settingan duty cyclenya juga. Bener ga logika gw?
Anyway, sekarang berarti tinggal dua kemungkinan: duty cyclenya fixed alias tidak bisa disetel ATAU duty cyclenya menyamar dalam bentuk setelan lain. Kecurigaan gw jatoh di kemungkinan terakhir karena brader Vhanz sempat menyebutkan ini:
- Pulse di set di 5.8.
Wuidih.. itu pasti setelan penting bro dan sepertinya berpengaruh sama duty cycle. Masalahnya gw ga punya manual book alat tester itu jadi gw cuma bisa nebak-nebak. Kalo gw boleh berasumsi, Pulse 5.8 itu berarti durasi ON alias durasi injectornya menyemprot adalah 5.8 milisekon alias ms. Pertanyaan berikutnya yang muncul adalah berapa lama durasi OFF-nya? Karena kalau kita tahu durasi OFF-nya, duty cyclenya tinggal dihitung pake rumus ini:
Duty Cycle = Durasi ON dibagi (Durasi ON + Durasi OFF)
Trus berapa dong Durasi OFF-nya? Sekali lagi gw cuma bisa berasumsi tapi gw coba bantu: berapa setelan Pulse maksimum-nya bro? 5.8 tentu belum maksimum kan? Kalau kita asumsi setelan Pulse maksimum sebagai Duty Cycle 100%, berarti Duty Cycle alias DC bisa dihitung dengan rumus:
Duty Cycle = Pulse / Pulse Max
Sebagai contoh.. misalnya Pulse maksimum bisa diset ke 10. Berarti DCnya 5.8/10 = 58%.
Sekali lagi ini cuma asumsi karena gw belum pernah megang alatnya langsung. Oh iya, saat Duty Cycle 100%, injector bakal menyemprot terus-terusan tanpa berhenti (ngucur terus, bukan hidup mati). Jadi kalau pas Pulse-nya diset maksimum ditemui injectornya nyemprot trus-trusan, sepertinya asumsi gw benar.
Lanjut ke pertanyaan ini:
Kalau di lihat rumusan si bro ttg dutycycle aktual & flowrate aktual maka hitungannya otomatis spt =
a. 40/125 = 0.32 atau 32% ==> 40 x (100/32) = 125cc/min
b. 54/125 = 0.43 atau 43% ==> 54 x (100/43) = 125.58cc/min
c. 35/125 = 0.28 atau 28% ==> 35 x (100/28) = 125cc/min
Itu kenapa ya bisa berbeda persenan dutycycle & flowrate aktual nya kalau merujuk pada flowrate aktual di salah satu majalah yg mengatakan 125cc/min utk injector std vixion (kita juga ga tau brp persen dutycycle nya di set untuk injektor std vixion yg di katakan 125cc/min di majalah tsb), padahal semua injector di test berdasarkan point nomor 2 diatas?
Brader Vhanz kebalik cara mikirnya.. Flow rate 125 cc/min itu hanya berlaku untuk injector standar Vixion (6 holes Purple). Angka 125cc/min itu gw dapet dari tabloid saat dia ngebahas injector Vixion standar. Kalau alat testernya bro Vhanz akhirnya nemu angka 35cc/min, berarti DC-nya 35/125 = 28%. Sampe sini hitungan brader masih bener kan? Nahhh.. selanjutnya udah salah tuh. Angka DC 28% ini berlaku buat semua injector yang brader test. Artinya dua injector di bawah ini kena setelan DC yang sama yaitu 28%:
a. SRP 4 holes Brown yg 140cc/min = 40cc/min
b. SRP 10 holes Red yg 155cc/min = 54cc/min
Jadi berapa aktual flow rate kedua injector SRP di atas? Gampang..
a. SRP 4 holes Brown actual flow = 40 x 100/28 = 142 cc/min
b. SRP 10 holes Red = 54 x 100/28 = 192 cc/min
Untuk yang SRP 4 holes Brown bisa terlihat angkanya mendekati 140cc/min seperti yang bro Vhanz klaim. Selisih 2cc cincai lah.. Kali aja lagi ngantuk waktu ngeliat gelas ukurnya atau emang ada toleransi alatnya. Gw jadi makin yakin nih DC-nya diset ke 28%, entah secara permanen dari alatnya atau melalui settingan lain seperti Pulse.
Masalahnya untuk yang SRP 10 holes rada jauh nih.. 155cc/min VS 192 cc/min. Ada beberapa kemungkinan kenapa angkanya beda banget:
1. Apa benar SRP 10 holes Red flownya 155cc/min? Bro Vhanz dapet angka 155cc/min ini dari mana?
2. Apa setelan alat testernya sama antara SRP 4 holes vs SRP 10 holes? Emang siih brader Vhanz udah bilang: semua injector di test berdasarkan point nomor 2 diatas. Kalo emang demikian, berarti SRP 10 holes Red harusnya bukan 155cc/min melainkan sekitar 192cc/min.
Komentar terakhir:
(kita juga ga tau brp persen dutycycle nya di set untuk injektor std vixion yg di katakan 125cc/min di majalah tsb)
Benar sekali kita ga tau berapa duty cyclenya.. Cuma berhubung di tabloid itu yang ngomong orang Yamaha, gw cuma bisa berasumsi bahwa dia mencaplok angka 125cc/min dari spec-sheet injector tersebut langsung dari suppliernya. Kalo emang demikian, berarti 125cc/min adalah saat DC 100%.
Banyak sekali ya gw berasumsi? Yah mau gimana lagi.. Info yang tersedia di media umum sedikit sekali sih bro..
Buset postingan gw isinya huruf doang. Kasih variasi ah biar ga bosen.. Perkenalkan mainan baru gw.. Ini yang jadi alasan kenapa blog gw ini jarang diupdate. Wkwkkww.. ada MIL alias motor idaman lain. Tenang aja, Tiger masih bakal gw kembangin kok..
Ora mudeng
BalasHapusTapi gut job
kewreeeennn,
BalasHapusmotor biasa dijadiin injeksi plus turbo, biasanya mesin turbo itu kompresinya rendah, pake piston apaan mas biar kompresinya rendah?
piston standar.. boostnya ga tinggi2 amat kok.
BalasHapusMantafff mas bro... Salam kenal. Gue di palembang.. Mas bro lokasi dimana?. Mungkin bisa nanya nanya soalnya mau upgrade si tigi.
BalasHapusHahaha gw udah pindah masbroo.. skrg udah di pulau Jawa.. kalo mau nanya2, email aja..
BalasHapusmau tnya gan , saya beli injektor aftermarket merk SRP dengan flow rate 155cc/min , yang rencananya akan di aplikasikan ke motor matic injeksi saya yang sudah di bore up , nah saya mau tanya keterangan 155cc/min itu bisa untuk motor berapa cc ? vario saya yg tdnya 125 cc , bore up 152cc apakah bisa menggunakan injektor dengan spek itu ? (155cc/min)
BalasHapusmakasih sebelumya Bang Edgar..
Hapusudah gw bales lewat postingan ya brooo.. mudah2an makin bingung (hahaha). soalnya kalo makin bingung, berarti sukses nambah ilmu..
HapusOm.. ada FB g.. pengen nanya2 masalah injeksi klo boleh :D
BalasHapus