Minggu, 01 September 2013

Mengenal "Cuk Otomatis" di Vixion

Pemilik Vixion pasti tau: kalo start mesin pagi hari, putaran mesin saat langsam akan sedikit lebih tinggi daripada ketika mesin sudah panas. Ini membantu supaya mesin tidak gampang mati karena masih dingin sambil nunggu sampai ke suhu operasi optimal. Pada kondisi normal, setelah mesin panas, harusnya putaran mesin langsam akan turun.. tapi kadang ada yang ogah turun alias tinggi terus sepanjang hari. Kondisi ini tentu ga bagus karena akan boros bensin.

Beberapa hari lalu, Tiger gw yang pake throttle body Vixion ngalamin hal serupa: langsamnya ga mau turun walaupun mesin panas. Setelah gw pastiin kabel gas lancar dan skep ga nyangkut, berarti cuma ada satu tersangka lagi: FID solenoid. FID alias Fast Idle Solenoid banyak dibilang sama mekanik awam sebagai cuk otomatis. Menurut gw ini salah kaprah.. tapi bisa dimaklumin kok. Kenapa salah kaprah?

Berikut ini gambar FID setelah gw copot dari throttle body (cuma buka dua baut pake obeng bintang):

FID sebenernya cuma klep karet yang gerakan buka-tutupnya dikendaliin sama ECU. Buka-tutupnya tergantung dari suhu mesin yang dibaca dari sensor suhu di jalur air radiator (kalo Tiger gw, sensornya ditaro di baut buangan oli.. jadi ngebaca kondisi mesin lewat suhu oli). Kalo diperhatiin, ada dua lubang di sekitar klep FID yaitu lubang udara yang berasal dari sisi luar skep gas (satu sisi dengan saringan udara) dan lubang udara yang menuju sisi dalam skep gas (yang menuju ke mesin, emang ga terlalu keliatan di fotonya..). Dalam kondisi dingin, klep karet di FID akan ditarik membuka supaya melewatkan sebagian udara ke mesin yang akan menaikkan putaran mesin. Kalo mesin sudah panas, klep karet FID akan menutup lubang udara yang berasal dari saringan udara sehingga udara tidak lagi bisa lewat dan putaran langsam akan turun. Lho terus mesin dapat udara dari mana saat langsam? Kan masih ada udara dari baut setelan langsam..

Kebetulan penyakit langsam tinggi yang gw alami langsung ketahuan penyebabnya saat gw buka FID-nya. Ada kotoran yang ngeganjel klep karetnya sehingga tidak bisa nutup lubang udara dengan sempurna. Akhirnya tetep ada udara yang bisa lolos dan langsamnya tinggi terus..

Buat yang nyimak pasti paham kenapa FID ini menurut gw salah kaprah klo dibilang sebagai cuk otomatis. Kenapa? Karena cuk di karburator fungsinya mengurangi/menghalangi udara masuk sehingga kondisi campurannya akan lebih banyak bensin daripada udara. Sedangkan FID ini justru menambah udara masuk. Lho kalo nambah udara masuk, makin kering dong campurannya? Gak dong.. kan ECU juga memerintahkan injektor untuk menambah jumlah bensinnya saat dingin.

6 komentar:

  1. makin sangar aje om

    BalasHapus
  2. posisi dimana mas Bro kalo dijakarta main2 mas :D

    BalasHapus
  3. mas modifikasinya keren keren amir....kece badai dah

    BalasHapus
  4. Anjriiit artikel apaan nih..parah ni artikel.Bikin jadi pusing ajah.wkwkwkwkwkw...Nice blog I think. gw baca dari awal ampe abis.mencret2 dah pahamin satu2.Ilmu diumbar cuma2 gini jarang2 nih.Keep sharing om.
    sesama pecinta clasic ni, boleh dunk sharing2 ttg motor n mobil nya. Terutama wiring n upgrade jadi injection itu lho..gilaa abis. Penasaran pengen ketemuin Choky(nama Accord '84 ane) ama The Dog...xixixixixixi

    BalasHapus
  5. FID digunakan untuk menaikan rpm saat mesin dlm kondisi dingin erat kaitannya dengan coolant temperature ato engine temperature, tujuannya agar mesin cepat memperoleh suhu kerja ideal

    BalasHapus
  6. Membuat tempat pompa injeksi tanpa harus merubah tangki gimana mas?

    BalasHapus