Jumat, 02 November 2012

Diet Ketat Kelistrikan

Sejak dikonversi ke injeksi, gw sering kepikiran masalah sistem pengisian akinya. Gw khawatir output alternatornya ga bisa mengimbangi tambahan beban dari alat-alat injeksinya. Apalagi kayaknya motor-motor injeksi keluaran pabrik biasanya pakai stator 3 fasa, ga kayak Tiger gw yang masih 1 fasa. Setelah gw perhatiin selama beberapa bulan ini, gw pede sebenernya pengisian Tiger masih cukup asal diet ketat. Diet gimana tuh maksudnya? Maksudnya, segala beban listrik yang ga perlu harus dihilangkan. Kalo ga bisa dihilangkan, paling ngga diminimalisir tanpa menghilangkan fungsinya..

Sebenernya Tiger gw udah cukup lumayan dietnya. Lampu rem dan seri udah berganti LED, lampu sein udah pakai watt yang kecil (saking kecil wattnya, flasher ori ga bisa bikin seinnnya ngedip dan gw harus ganti pakai flasher imitasi).. tapi masih ada satu faktor yang paling banyak makan daya: headlamp alias lampu utama. Headlamp gw pakai bohlam halogen H4 55/60 watt dan daya sebesar ini udah nyaris bikin spul pengisian gw kewalahan. Gw cek pakai voltmeter, tegangan aki gw cuma sekitar 10-11 volt saat langsam dengan kondisi headlamp dihidupin. Begitu gw matiin, tegangannya naik ke 12 volt lebih. Padahal sekarang kan lampu utama harus dihidupin terus walaupun siang..

Biar hati gw tenang, gw akhirnya beli Mini-Projector LED Luxeon 10 watt kayak di bawah ini..

Projector LED ini bakal gw tandem dengan lampu utama halogen. Lho kok ga dilepas aja halogennya? Gw belum yakin kalau LED punya daya pancar yang cukup buat dipakai ke daerah yang minim penerangan jalan seperti daerah luar kota. Jadi, lampu halogennya masih gw simpen buat keperluan darurat kalau melewati jalan-jalan yang gelap. Projector LED ini dipakai untuk siang hari dan jalan-jalan dalam kota yang penerangannya cukup. Ga butuh waktu lama, projector ini udah nangkring di motor gw.. Sori fotonya malem.. soalnya sekalian ngetest lampunya.

Projector LED ini gampang banget nyambunginnya.. Cuma ada dua kabel warna biru dan merah muda dan bisa disambungin langsung ke konektor lampu. Nyambunginnya boleh dibolak-balik, biru bisa ke (+) atau massa. Yang jelas, sebaiknnya projector ini jangan ditanam di dalam batok lampu. Bodi projectornya yang dari alumunium bukan sekedar berfungsi buat pelindung tapi juga untuk pendingin lampu LED-nya sendiri. Jadi sebaiknya dipasang di area yang sirkulasi udaranya bagus. Ga perlu relay buat masangnya karena arusnya kecil jadi ga ngebebanin kabel dan saklar aslinya.

Gimana hasilnya? Nih komparasinya..  Pertama, keadaan mati:

Dihidupin..

Contoh lain.. Keadaan mati, masih gelap gulita.. Suram..

Dihidupin.. langsung cerah..


Foto-foto di atas cuma ngidupin projectornya aja lho.. Lampu utama ga dipakai.. Lumayan kan? Penghematan watt-nya juga kerasa banget.. Gw berhemat 40 watt lebih (55 watt halogen vs 10 watt LED). Dari voltmeter juga keliatan.. Saat projectornya dihidupin, tegangan aki gw masih 12 volt lebih, turunnya kurang dari 0.5 volt. Bahkan sekarang gw bisa ngidupin mesin pakai dinamo starter dengan kondisi lampu hidup..

17 komentar:

  1. mas broo ini posisi di lampung yah....

    BalasHapus
  2. cari lampu Mini-Projector LED Luxeon 10 watt dmn tuh,,, sama ada rekomendasi untuk bengkel mtr tigi ngk..

    BalasHapus
  3. LED Luxeon mah dapet dari kaskus.. dikirim ke sini. Katanya sih ada yang jual di sini tapi gw belom nemu juga. Rekomendasi bengkel yang bener2 khusus Tigi sih ga ada.. tapi gw biasa ngoprek di sebelah pom bensin Palapa Jalur Dua. Yg deket Haji Fuad.

    BalasHapus
  4. Koso RX2.. speedometer variasi, bukan bawaan motor. Banyak di kaskus.. Lumayan sih harganya. Hehe..

    BalasHapus
  5. mantap mas bro.... tp piro tuhh....

    BalasHapus
  6. nih contoh harganya http://www.kaskus.co.id/post/5090ad1ce774b4ff24000070#post5090ad1ce774b4ff24000070

    BalasHapus
  7. mas bro klo d lampung nyari led kyk gini dimana ya?
    ane udh ubek2 tanjung karang smpe teluk gk ketemu2 yg jualan lampu led ini, ane pake lampu ini tapi karena sesuatu lampunya matot trus ane nyari boklamnya gk ktemu d b.lampung,
    kalo ada chennel d lampung share PM ane ya 089631288261
    salam bloger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw ga tau klo di Lampung cuy.. Gw dapetnya ya di kaskus.. Di ruko-ruko deket PKOR, di jalur dua yang banyak tukang durennya itu kyknya ada tukang lampu.. tapi gw ga yakin dia jual..

      Beli di kaskus aja gmn?

      Btw, kok bisa mati.. Punya gw sampe skrg awet2 aja..

      Hapus
    2. Sip bro udah dapet lampunya ane ganti boklamnya doang LED Luxeon 10W, 60rb,nyari di tokobags*com,pke projektor yg lama, hahaa mantep terangnya, klo kliling bandar lampung malem2 gk malu2in

      Hapus
  8. bikin ja lampu led senter mancis..., bisa kok..., haha

    BalasHapus
  9. bro, itu lampu LED luxeon nya nyala nya terpisah dr lampu utama ya? bikin sakelar baru lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhubung tujuan gw pasang LED Luxeon adalah untuk menghemat watt, LED-nya gw sambung ke lampu kecil, bukan lampu utama. Jadi tiap hari gw cuma setel di posisi lampu kecil dan LED-nya udah nyala. Kan ada aturan light-on skrg bro.. Kalo gw butuh lebih terang lagi, tinggal geser switchnya ke arah lampu utama.

      Hapus
    2. Ketahuan nich.... tapi kayanya sekarang ngga lagi di lampung deh... kalau ngga salah skarang di palembang yach.... hehehehhehe.. yang biasa parkir di bawah tower hehheheheheh

      Hapus
  10. yang ingin :
    aki tidak tekor,
    anti reflektor leleh/retak/menguning (karena kepanasan seperti kalo pasang hid atau halogen diatas 35w),
    tdk perlu bobok reflektor, buka tutup mika (kayak kalo pasang luxeon),
    umur panjang, jd tdk perlu buka tutup reflektor untuk ganti lampu

    kunjungi blog saya :
    www.bikinsendirilampudepanled.blogspot.com

    lihat posting bulan juni 2013
    saya tidak menggurui, hanya berbagi pengalaman bagi yg bosan sering buka tutup batok lampu

    BalasHapus