Jumat, 09 November 2012

Turbo Part 2: Jalur Oli

Bagian ini ngebahas tentang pembuatan jalur oli masuk dan buang turbonya.. kalo orang "londo" nyebutnya oil supply & oil drain line.

Sebenernya pembuatan jalur oli ini harus bareng dengan saat turbonya naik ke mesin supaya turbonya ga kerja tanpa ada oli.. Kalo kasus gw, gw langsung bikin jalur oli di hari berikutnya setelah turbo naik. Sebelumnya gw jalanin motornya dengan keadaan wastegate turbo dipaksa ngebuka terus supaya putaran turbonya minimum.

Sebelumnya gw udah beli bak kopling Tiger bekas untuk dirombak, makanya buat yang teliti pasti liat kalo bak kopling gw warnanya belang. Untuk jalur oli masuk, prinsipnya sama dengan pembuatan jalur oil cooler. Jadi harus nyadap jalur oli yang ada tekanannya. Kebetulan gw ambilnya dari jalur yang mau naik ke noken as.
 
 
Dinding bak koplingnya lumayan tipis jadi jangan dibuat drat untuk baut nepel. Gw ngencengin baut nepelnya pakai mur tipis dari balik dindingnya. Masih cukup kok tempatnya untuk diselipin mur. Untuk jalur keluar dari bak gw pakai nepel banjo yang dijepit ring tembaga atas bawah.. Itupun masih bocor jadi akhirnya gw bantu tutup pakai lem plastic steel. Lho, jadi permanen dong? Iya.. makanya gw simpen bak kopling aslinya kalo nanti gw bosen pake turbo. Cek gambar di bawah, jalur oli masuknya pakai selang biru (bisa diklik  kok gambarnya supaya lebih jelas). Gw pake selang 1/4 inch dari bekas selang kompresor udara. Yang jelas pastiin selangnya tahan suhu tinggi supaya ga gampang bocor. Oh iya, gw harus ngegeser tali koplingnya sedikit. Kalo ngga, bakal nabrak baut nipel olinya. Gampang kok, cuma bikin braket pemegang talinya yang panjangan pake besi pelat. Oh iya, mumpung sekalian buka bak kopling, cek sekalian kondisi kampas kopling. Gw akhirnya ganti kampas dan ganjal per koplingnya pakai ring yang dibuat dari per kopling bekas motor Ninja. Jangan sampai nanti motornya lari di tempat gara-gara kegedean torsi dari turbo..



Untuk jalur masuk di turbo, gw pake baut nepel M8x1.25, banjo dan ring tembaga sepasang atas-bawah.


Untuk jalur pembuangan oli dari turbo, gw las pipa alumunium di bagian bawah bak koplingnya. Jangan terlalu rendah posisi pipanya. Usahain masih di atas permukaan oli di karter. Jangan terlalu banyak tekukan dan jalur buangnya harus langsung dari turbo ke karter. Jangan ada bagian jalur yang naik-turun sehingga nampung oli. Kenapa? Karena pembuangan oli dari turbo itu cuma ngandelin gravitasi alias ga ada tekanannya. Kalo pembuangan olinya ga lancar, olinya bakal numpuk di turbo trus meresap keluar dari sil trus akhirnya kebakar di knalpot. Kalo sering nemuin asap putih pas langsam, biasanya itu salah satu ciri jalur buang yang kurang lancar.

Bedanya jalur oil cooler dan jalur oli untuk turbo cuma di bagian pembuangannya. Kalo oil cooler biasanya dibalikin lagi ke jalur yang bertekanan setelah sebelumnya dibuntuin dan ditap untuk jalur keluarnya ke oil cooler. Jadi seluruh jalur oil cooler itu ada tekanannya. Kalo di turbo, bagian yang bertekanan cuma pas jalur masuk.. jalur pembuangannya tidak ada tekanan jadi harus diarahin balik ke karter.

Ini hasil akhirnya..



Wuih, jadi udah kenceng mesinnya? Beloom.. sekarang tinggal bagian gw: ngubah ECU-nya supaya bisa baca tekanan turbo dan ganti injektor yang gedean..

Kamis, 08 November 2012

Turbo Part 1: Jalur Knalpot & Intake

Akhirnya nemu juga tukang knalpot yang mumpuni di Bandar Lampung.. Butuh waktu seharian dari pagi sampe sore buat bikin jalur knalpot dan intake ini yang kerennya disebut exhaust manifold dan charge pipe. Penempatan turbonya sesuai dengan rencana awal gw.

Sebelum ke tukang knalpot ini, gw udah bikin dulu flange (alias "plenes" kalo menurut lidah orang lokal) untuk jalur exhaust turbonya di tukang bubut. Sori ga ada foto flange-nya tersendiri tapi kalo udah liat turbonya pasti paham deh maksud gw. Sebenernya flange ini bisa dibikin juga di tukang knalpotnya kalo alat dan bahannya lengkap. Yang jelas minimal pake pelat 6mm deh biar mantep.

Ga banyak yang bisa diceritain tentang prosesnya.. Pertama bikin dulu jalur exhaust dari blok ke turbo. Usahain sependek mungkin dan jangan banyak tekukan biar kecepatan gas buangnya semaksimal mungkin sebelum sampai ke turbo. Tujuannya supaya meminimalisir turbo lag.


Setelah itu jalurnya dilas ke flange pertama. Nah, kalo udah sampai sini, mulai dipikirin deh buat bikin braket penyangga alias penguat supaya pipanya ga gampang patah gara-gara menopang berat turbo..





Setelah yakin turbonya duduk dengan manis dan mantap, lanjut ke jalur buang dari turbonya. Untuk jalur buang ini, sama aja prinsipnya: jangan banyak tekukan. Usahain diameternya semaksimal mungkin supaya gasnya lancar. Buat yang pakai peredam, pertimbangin untuk dibuang atau diganti peredam yang free flow supaya makin lancar. Tanpa peredam juga ga masalah kok.. Turbonya bakal meredam suara knalpotnya jadi ga terlalu bising.

Terakhir, bikin jalur intake alias charge pipe dari turbo ke throttle body. Lebih bagus lagi kalo bisa pasang intercooler di jalur ini tapi berhubung lagi "irit", gw ga pake intercooler. Mudah-mudahan ga ngelitik deh. Yang jelas, gw harus pastiin bahwa udara yang masuk ke turbo diusahakan sedingin mungkin (alias filter udaranya jauh dari sumber panas kayak blok mesin atau knalpot).

Untuk sekarang ini, jalur intakenya belum gw sambung ke throttle body karena emang gw perlu modif ECU-nya lagi supaya bisa baca tekanan udara dari turbo. Selesai tahap ini jangan kegatolan ngegeber mesinnya dulu. Kenapa? Karena turbonya belum ada jalur oli cuy.. Kita harus minimalisir putaran kipas turbonya supaya jangan sampai bearing-nya aus duluan sebelum kita bikin jalur oli. Jangan lupa wastegatenya dicabut dulu aja supaya gas buangnya langsung kebuang tanpa muterin turbinnya.

Jumat, 02 November 2012

Diet Ketat Kelistrikan

Sejak dikonversi ke injeksi, gw sering kepikiran masalah sistem pengisian akinya. Gw khawatir output alternatornya ga bisa mengimbangi tambahan beban dari alat-alat injeksinya. Apalagi kayaknya motor-motor injeksi keluaran pabrik biasanya pakai stator 3 fasa, ga kayak Tiger gw yang masih 1 fasa. Setelah gw perhatiin selama beberapa bulan ini, gw pede sebenernya pengisian Tiger masih cukup asal diet ketat. Diet gimana tuh maksudnya? Maksudnya, segala beban listrik yang ga perlu harus dihilangkan. Kalo ga bisa dihilangkan, paling ngga diminimalisir tanpa menghilangkan fungsinya..

Sebenernya Tiger gw udah cukup lumayan dietnya. Lampu rem dan seri udah berganti LED, lampu sein udah pakai watt yang kecil (saking kecil wattnya, flasher ori ga bisa bikin seinnnya ngedip dan gw harus ganti pakai flasher imitasi).. tapi masih ada satu faktor yang paling banyak makan daya: headlamp alias lampu utama. Headlamp gw pakai bohlam halogen H4 55/60 watt dan daya sebesar ini udah nyaris bikin spul pengisian gw kewalahan. Gw cek pakai voltmeter, tegangan aki gw cuma sekitar 10-11 volt saat langsam dengan kondisi headlamp dihidupin. Begitu gw matiin, tegangannya naik ke 12 volt lebih. Padahal sekarang kan lampu utama harus dihidupin terus walaupun siang..

Biar hati gw tenang, gw akhirnya beli Mini-Projector LED Luxeon 10 watt kayak di bawah ini..

Projector LED ini bakal gw tandem dengan lampu utama halogen. Lho kok ga dilepas aja halogennya? Gw belum yakin kalau LED punya daya pancar yang cukup buat dipakai ke daerah yang minim penerangan jalan seperti daerah luar kota. Jadi, lampu halogennya masih gw simpen buat keperluan darurat kalau melewati jalan-jalan yang gelap. Projector LED ini dipakai untuk siang hari dan jalan-jalan dalam kota yang penerangannya cukup. Ga butuh waktu lama, projector ini udah nangkring di motor gw.. Sori fotonya malem.. soalnya sekalian ngetest lampunya.

Projector LED ini gampang banget nyambunginnya.. Cuma ada dua kabel warna biru dan merah muda dan bisa disambungin langsung ke konektor lampu. Nyambunginnya boleh dibolak-balik, biru bisa ke (+) atau massa. Yang jelas, sebaiknnya projector ini jangan ditanam di dalam batok lampu. Bodi projectornya yang dari alumunium bukan sekedar berfungsi buat pelindung tapi juga untuk pendingin lampu LED-nya sendiri. Jadi sebaiknya dipasang di area yang sirkulasi udaranya bagus. Ga perlu relay buat masangnya karena arusnya kecil jadi ga ngebebanin kabel dan saklar aslinya.

Gimana hasilnya? Nih komparasinya..  Pertama, keadaan mati:

Dihidupin..

Contoh lain.. Keadaan mati, masih gelap gulita.. Suram..

Dihidupin.. langsung cerah..


Foto-foto di atas cuma ngidupin projectornya aja lho.. Lampu utama ga dipakai.. Lumayan kan? Penghematan watt-nya juga kerasa banget.. Gw berhemat 40 watt lebih (55 watt halogen vs 10 watt LED). Dari voltmeter juga keliatan.. Saat projectornya dihidupin, tegangan aki gw masih 12 volt lebih, turunnya kurang dari 0.5 volt. Bahkan sekarang gw bisa ngidupin mesin pakai dinamo starter dengan kondisi lampu hidup..